Minggu, 05 Februari 2012

Tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh abad 20 - Herry Mohammad

Buku ini berisikan biografi 52 orang tokoh Islam yang menurut penulisnya (Herry Mohammad, dkk.) mempunyai pengaruh terbesar dalam membangun peradaban yang berdasarkan konsepsi Qur’ani dan Hadisi di abad 20. Dua puluh dua diantaranya berasal atau berkiprah di Indonesia, sedangkan 30 lainnya berasal atau berkiprah di berbagai belahan dunia lain, baik Timur maupun Barat. Mereka dipilih berdasarkan kontribusi pada berbagai bidang dari sosial-budaya hingga sosial-politik.

Pemikiran-pemikiran Islam di abad 20 tidak lepas dari pengaruh dua aliran pemikiran besar. Yang pertama adalah pemikiran Muhammad bin Abdul Wahhab (1703-1787 M) di Arab Saudi. Ia menyerukan umat muslim untuk berpegang pada Al-Quran dan hadits tanpa intervensi akal atau ijtihad, sebagaimana model Islam jaman Nabi. Sedangkan yang kedua adalah pemikiran Muhammad Abduh (1849-1905 M) di Mesir. Ia berpendapat bahwa ajaran Islam harus dikembalikan pada aslinya dengan interpretasi yang disesuaikan dengan keadaan modern, dengan demikian perlu dibuka pintu ijtihad dan menghindari taklid buta pada ulama. Semangat kedua tokoh ini diwarisi oleh generasi-generasi sesudahnya dan diimplementasikan kekedalam berbagai bentuk, corak dan bidang.
Tokoh-tokoh muslim nasional yang biografinya diulas di buku ini antara lain adalah: Syekh Ahmad Muhammad Soorkati Al Anshari (pendidik, pendiri madrasah Al-Irsyad), K.H. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), Amad Hassan (tokoh Persis, penulis buku diantaranya ‘At-Tauhid’ dan ‘Soal-Jawab’, wartawan, pedagang), K.H. Hasyim Asy’ari (pendiri NU), HOS Tjokroaminoto (perubah Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam), K.H. Abdul Wahid Hasyim (tokoh politik Islam), Haji Agus Salim (tokoh politik Islam, intelektual), Mohammad Natsir (tokoh politik Islam, intelektual, pendiri Dewan dakwah Islamiyah Indonesia), Teungku Muhammad Daud Beureueh (tokoh politik Islam dan ulama Aceh, pendiri Negara Islam Aceh), Buya Hamka (ulama, pemikir, pujangga, ketua umum MUI pertama), SM Kartosuwiryo (aktivis Islam, pendiri Institut Suffah, KPK PSII, dan TII), K.H. Abdullah Syafi’ie (ulama, pendidik), Muhammad Rasjidi (cendekiawan muslim), Mahmud Yunus (pendidik, pemikir pendidikan, pendiri Akademi Dinas Ilmu Agama yang menjadi cikal bakal UIN), Imam Zarkasyi (cendekiawan muslim, tokoh Pondok Modern Gontor), K.H. A.R. Fakhruddin (ulama, juru dakwah), Abdullah bin Nuh (tokoh dan pemikir pendidikan Islam, pendiri Islamic Center al-Ghazali serta berbagai yayasan), Isa Anshari (tokoh Persis dan politik Islam, cendekiawan dan penulis buku diantaranya ‘Islam dan Demokrasi’), Endang Saefuddin Anshari (cendekiawan muslim), K.H. Moenawar Chalil (ulama, pedagang, aktivis ormas dan politik), Anwar Harjono (tokoh politik Islam, pendidik, pendakwah), dan Abdullah Said (perintis Ponpes Hidayatullah).
Ketiga puluh tokoh internasional yang diulas dalam buku ini rata-rata merupakan ulama yang produktif. Karya buah pemikiran mereka tersebar ke seluruh penjuru dunia. Dakwah yang mereka lakukan tidak sekedar melalui pena namun juga terjun langsung kedalam masyarakat dalam berbagai bidang maupun dalam medan jihad. Mereka antara lain adalah: Syekh Abdul Aziz Al Badri, Asy-Syahid Abdul Qadir Audah, Asy-Syahid DR Abdullah Azzam, Abu Zahrah, Abul A’la Al-Maududi, Al-Hasan Ali al-Hasan an-Nadawi, Syekh Ahmad Husain Deedat, Asy-Syahid Ahmad Yassin, Muhammad Zia ul-Haq, Raja Faisal bin Abdul Aziz, Asy-Syahid Hasan Al-Banna, Ismail Raji al-Faruqi, Jamaluddin Al-Afghani, Maryam Jameelah, Muhammad Abduh, Ayekh Muhammad Al-Ghazali, Muhammad Iqbal, Muhammad bin Abdul Wahhab, Syekh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Muhibbudin al-Khatib, Musthafa as-Siba’I, Dr. Musthafa Masyhur, Syekh Mutawalli asy-Sya’rawi, Najib al-Kailani, Said Hawwa, Dr. Said Ramadhan, Asy-Syahid Sayyid Quthb, Syekh Taqiyyudin an-Nabhani, Zainan al-Ghazali, dan Muhammad Rasyid Ridha.
Buku ini memperluas khasanah kita mengenai dunia Islam. Sisi terpenting dalam Islam adalah penegakan aqidah, yaitu penegakan kalimat laailahaillallah muhammadurrasulullah. Semua tokoh yang diulas didalam buku ini merupakan mereka yang gigih dalam upaya tersebut
Judul Tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh abad 20
Penulis Herry Mohammad
Penerbit Gema Insani, 2006
ISBN 9795602195, 9789795602194
Tebal 318 halaman

Baca Buku [Klik Disini]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon komentarnya Pustakawan/wati semua demi perbaikan blog ini selalu.
Jika ada file2/ebook2 yg tidak bisa di download/deleted/terhapus, tolong di info ya, link2/ebook2 yg mana saja yg bermasalah tsb ya...(sebab tidak mungkin donk setiap hari saya harus mencek beribu-ribu link tsb satu persatu..harap maklum)

INFO : klo linknya error akan ada tulisan : sorry file not found dan sejenisnya

Tapi klo tidak ada dan masih ada kotak tuk verifikasi huruf/angka berarti linknya masih bagus,

bisa di coba lagi dan lagi tapi klo masih belum bisa juga, coba lain kali/lain waktu, dan sambil menunggu, sobat Pustakawan bisa download file yg lain karena, mgkn disaat bersamaan banyak orang lain yg download file tsb (file yg sama).

Mohon mangap eh..maaf apabila reply komentnya lambat ya...sebab banyaknya koment yang masuk